Jumat, 03 Juli 2015

Vietnam Trip via Kuala Lumpur... maknyusss (I)

Keinginan untuk mengunjungi kota Hanoi sudah 'dibungkus' sejak 2 tahun silam. Pada awalnya sudah terencana dengan matang untuk pergi pada tahun 2014. Namun karena belum mendapatkan harga tiket yang 'pas...' jadi diurungkan deh...

Akhirnya th 2014 kita dapat harga tiket promo yang siapa lagi kalau bukan Air Asia si jago maskapai berbiaya rendah kelas bintang ini berikan... dan bingo!!! 8 orang pastikan berangkat karena sudah mengapply tiketnya sejak Juli 2014. Haaaaa........ terbilang nekat karena siapa yang tau setahun kemudian kita tidak kenapa-kenapa atau aman-aman saja? segala sesuatu bisa terjadi... tapi itulah kami... cuek beibeh... tetap saja berani untuk apply tiket tersebut.
Bulan berganti bulan, hari berganti hari hingga detik demi detik datang juga... saat jadwal traveling ini 20 - 27 Juni 2015 akhirnya tiba... meski tidak berjalan mulus... pasalnya; pertama salah satu dari kami mundur dikarenakan lebih ingin ke India. Walaupun tiket sudah dibeli dan dibayar, dia rela kehilangan uang seharga tiket yang telah diberi... akhirnya 7 orang kami pastikan berangkat. Namun menjelang 3 minggu sebelum keberangkatan, berita tak mengenakan terjadi... salah satu dari 7 orang ini tiba-tiba terserang stroke... oh my god.... maka lengkaplah sudah group kami hanya 6 orang saja yang berangkat.

Suasana hati kami semakin gak karuan, lantaran harus ada yang tidak ikut karena sakit. Rasanya tidak tega.... jumlah orang yang berkurang juga semakin membuat kami agak berpikir untuk biaya sewa mobil dan penginapan. Yang seharusnya bisa dibagi ber -8 menjadi ber-7 ehhh berkurang jadi ber-6....
Tapi siapa dinyana... sauatu saat, sedang berkunjung ke rumah kakak, lalu kita ngobrol ehhh ternyata ponakan minta ikut karena sedang liburan sekolah. Wahh... bertambah deh menjadi 7 orang kembali... agak terhibur meski masih merasa ada ganjalan karena 1 orang sakit.

Menjelang 1 minggu an sebelum keberangkatan tiba-tiba informasi dapat dari yang sakit ini... dia berkata: tha... aku tetap ikut ke Vietnam loh... sudah konsultasi sama dokter, kata dokter OK bisa jalan asal bawa obat, dan ini segala daun udah dimakan, jus bawang putih juga tidak ketinggalan... pokoke yang bikin darah tidak kental sudah dilahap.....

Jujur.. surprise mendengarnya, meskipun hati deg deg derrr... apa iya aman dia jalan ke LN sementara baru masa pemulihan dari stroke nya? Ooo.... bagaimana kah ini?
akhirnya dengan terus berdoa agar Tuhan memberikan yang terbaik untuk kami semua... hingga hari H formasi kembali ke 8 orang... wahhh senang dan happy....
Perjalanan kami ini seru, punya dress code yang wajib dipakai.. heeee biar berasa kalau lagi jalan-jalan.....

Hari pertama keberangkatan, DC nuansa biru mewarnai kami...

Narsis di pintu depan internasional KLIA2
Tiba dibandara KLIA2 Kuala Lumpur sebelum menuju Tune Hotel, gaya dulu ach..... (jepret..)

Tune Hotel yang letaknya pintu keluar bandara, mudah dijangkau dan sangat cocok untuk mereka yang hanya beristirahat untuk transit. Keberangkatan kami terjadwal esok hari nya ke Hanoi yaitu 21 Juni 2015.
Setelah cek in, bisa bermain seputaran bandara, disini lengkap ada mall, tempat cuci mata melihat barang barang cantik yang dijual, bahkan jika ingin mempersiapkan sim card untuk hanphone pun tidak sulit, semua ada tersedia. Jadi tidak perlu keluar area bandara....
Siang hari tiba di KL tepat di jam cek in. Beristirahat sekitar 2 jam. Lalu kami pun ber wisata kuliner diseputaran bandara... :) dan sedikit narsis ria juga...
Area depan Tune Hotel

Lumayan juga untuk foto-foto... area yang luas didepan hotel, bahkan disamping hotel juga terdapat "Sevel" yang kapan saja kita mau jajan bisa mampir disini... dijamin urusan kampung tengah alias perut tidak akan kelaparan haaa.....

Yang kami lakukan pertama adalah penggantian sim card lokal, supaya lebih murah ketimbang memakai sim card dengan provider dari Jakarta. Kecuali memang mau membayar lebih dan tidak mau repot untuk menggantinya. Setelah itu, kami pun berkeliling seputaran bandara....

Hari kedua dengan DC kotak-kotak menuju Hanoi...

Pagi subuh kami harus bersiap sudah di bandara untuk chek in. Karena penerbangan kami pukul 6 pagi waktu setempat. Jadi kami sudah check out hotel dari jam 4 pagi. Berjalan santai menuju pintu perlepangan antara bangsa... hiii begitu tulisan yang tertera di Malaysia ini.

Loby Tune Hotel @KLIA2
Semangat 45 untuk ke kota Hanoi tujuan utama kami. Dan Halong Bay adalah tempat wisata yang kami akan nikmati bersama selama 2 hari 1 malam dalam Cruise...
Perjalanan kurang lebih 3 jam dengan perbedaan waktu mundur antara Hanoi dengan Kuala Lumpur. Kami mendarat sekitar jam 9 pagi di bandara Noi Bai International Airport. Sudah siap jemputan dengan mobil van/elf nya mengangkut kami semuanya....

@Noi Bai International Airport - Hanoi

Mobil van/elf menjemput @hanoi
Asyik sibuk mengangkut koper-koper kami. Penjemputan tepat waktu datang menunggu kami.
Kami diantar langsung ke Hotel A1 Hanoi, disana Mis Anna dari Diephan Tour sudah menunggu dengan tour guidenya... Selama perjalanan menuju hotel, kami melihat hamparan sawah-sawah sepanjang jalan. Kota Hanoi yang masih asri ini lumayan suhu nya panas pengab... Rumah tumbuh juga banyak disini, lebara hanya sekitar 3 M walau bisa panjang ke belakang 10 sd 15 M. Dan bertingkat 2 sd 4 lantai... haduuhh.. bagaimana mereka turun naik nya ya?? sudah kebayang cape deh......

Jalannya tidak separah Jakarta yang begitu macet, di Hanoi lengang juga perjalanannya, pengendara nya juga tidak banyak, mungkin karena mereka belum berpenduduk pesat seperti Jakarta. Motor ada dan kelihatan mereka juga gemar dengan mengendarai motor, alasan mereka karena dengan motor bensin yang digunakan tidak boros, murah saja ketimbang mobil.
Sepeda juga andalan masyarakatnya, mereka bersepeda dengan memakai topi capingnya... lucu juga kita lihat berseliweran disekitar jalan utama di kota Hanoi.
Setibanya di Hotel, kami disambut baik oleh Miss Anna dan tour guide, lalu kami dijamu untuk makan pagi lebih dulu. Kami diantar ke sebuah restoran cukup terkenal di kota Hanoi yaitu Blue Butterfly dengan ciri khas menu Vietnam yaitu sayuran, ikan, sop ayam dan springroll yang maknyus... namun ada keunikan di Hanoi ini, untuk minuman kita semua harus membayarnya, jadi menu yang disajikan pihak travel tidak termasuk minum... hii hi... ya wes ora po-po... kebetulan kami pegang minuam mineral cukup banyak dari travel dan hotel ketika tiba di hotel. Paling jika ada tambahan hot tea atau jus lain ya... bayar sendiri deh...
@blue butterfly restaurant - hanoi
Makanannya lezat... saya suka dengan cara mereka memasaknya, no garam, no vetsin.... jika kita mau asin tinggal tambahkan sendiri garamnya... tapi untuk lidah saya sangat cucoks..... sayurannya hijau dan gemuk-gemuk, buahnya segar dan manis-manis... apalagi springroll nya waduhh ponakan saya suka sekali..... garing dan kriyuk kriyuk... ditambah cocol cocol sambal... wahhh melepas lapar deh pokoknya... sop ayam nya juga jangan ditanya.. semua sehat dan bikin segerrrr......

Lokasi Hotel A1 Hanoi ini mirip-mirip seperti daerah Sabang Jakarta, berada dekat keramaian pusat kota, tidak pusing mencari jajanan makanan, disisi-sisi hotel pedangan yang banyak menjajakan hand made mereka dari tas, sepatu, lukisan dan lain sebagainya. Agak keluar sedikit kita bisa ketemu dengan Hoan Kiem Lake, yaitu sebuah danau ditengah kota dengan tugu ditengah-tengahnya.... bikin adem...
Jembatan Hoan Kiem Lake - Hanoi

Hoan Kiem Lake - Hanoi

Tugu di Hoan Kiem Lake - Hanoi

Taman Hoan Kiem Lake - Hanoi

City tour kami juga mengunjui sebuah Temple Literature di pusat kota Hanoi. Di temple ini ada beberapa kolam yang isinya tanaman Lotus yang tumbuh subur... mereka penggemar biji Lotus, banyak dijual lalu dimakan begitu saja tanpa dimasak. Tapi banyak juga mereka buat menjadi kacang lotus yang gurih dan renyah....

Pintu masuk @Temple Literature

@Temple Literature - Hanoi

@Temple Literature - Kolam tanaman Lotus - Hanoi

Setelah berputar-putar keliling kota Hanoi, menyempatkan untuk mencari Starbucks di kota Hanoi, ngesearch via google akhirnya dapat juga alamat yang dituju dan tumbler serta mug mini menjadi incaran kami untuk buah tangan dan koleksi... yiippyyy.....

Tumbler Starbucks Vietnam - Koleksi

Mug Mini Starbucks Vietnam - Koleksi
Sore menjelang kami pun beristirahat di Kim Lai Cafe duduk sambil menikmati kopi dingin gratis yang disajikan oleh pemilik cafe. Disini beraneka kopi disajikan dari yang soft sampai yang strong... dari yang masih berbentuk biji sampai yang telah dikemas dalam bentuk bubuk. Tak heran kalau disini juga menjual alat penghancur kopi... sungguh menjadi sorganya pencinta kopi.... Dan pilihan kopi "tradisional" akhirnya saya ambil untuk konsumsi sendiri dan oleh-oleh kerabat di Jakarta.

Alamat & website kimlaicafe

Menjelang sore kami pun mengikuti pertunjukan Muppet Show... yaitu permainan boneka di air. Asyik juga pertunjukan yang baru buat saya. Seperti panggung boneka, hanya dimainkan di atas air.... cerita yang disajikan masih seputar sejarah dahulu di negri ini yang berhubungan dengan ular naga, masyarakatnya yang senang bercocok tanam dan budidaya ikan.
Agak membosankan juga.. karena klimaks dari cerita kurang strong.. dengan ruangan yang dingin AC, music dan lagu-lagu disajikan layaknya nyinden.. agak flat sehingga membuat kami terkantuk-kantuk.. tak jarang para turis yang ada pun banyak yang tertidur dengan lelap... apalagi turis-turis lanjut usia.... heeeeee.....

Puas dihari pertama di Hanoi... coffee time sampai hari sore dan kembali ke Hotel sekitar pukul 6 sore. Istirahat dan mandi sore dulu, ketemu lagi pk. 7 malam untuk putar-putar sekitar hotel belanja belenji.. hiii... sambil dinner di kedai Pho.. lumayan dapat belanjaan banyak dari tas, tempelan kulkas hingga pernak pernik unik.. dan tidak ketinggalan pula Ice Cream yang uenakkk dijual disebelah hotel juga kita lahap... haaa... haaa...