Senin, 27 Juli 2015

Vietnam Trip via Kuala Lumpur... maknyus (II)

Hari Ketiga dengan DC Garis-garis

Masuk hari ketiga... untuk hari ini berubah jadwal... seharusnya kami sudah pergi menuju Halong Bay, tempat utama kami ke negri ini.
Namun kami ikuti saran dari pihak lokal tour... akhirnya tujuan kami ke Hoa Lu - Tam Coc, salah satu tempat di provinsi Ninh Binh yang kami tempuh perjalanan sekitar 1 jam-an.

Menuju Hoa Lu - Tam Coc

Sejarah dari Hoa Lu merupakan Ibu Kota Vietnam pada era 968 - 1009 memiliki beberapa Caves yang ditempuh dengan cara unik yaitu menyisiri sungai  Ngo Dong.

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Hoa Lu Temple.

Hoa Lu Temple

Pintu Gerbang Hoa Lu Temple

Hoa Lu Temple - inside
Narsis di dalam haaa....

Sisi kiri dari pintu gerbang Hoa Lu Temple
Setelah mengunjungi Hoa Lu Temple ini, kami lanjutkan ke suatu lokasi untuk menyisiri sungai Ngo Dong. Sungai ini kurang lebih panjang sekitar 1.3 Km dan diujungnya adalah Floating Market dimana para penjual dagangan berjualan. Namun lebih unik lagi perahu yang digunakan bukan didayung dengan lazim nya menggunakan tangan, tapi ini menggunakan kedua kaki. Dan lebih banyak pendayung ini adalah kaum perempuan... Pada perjalanan menyisiri sungai ini, pemandangan yang tampak adalah bukit-bukit tinggi yang asri dengan pohon lotus dimana-mana. Sangat hijau dan asri.... 1 perahu cukup diisi oleh 2 orang penumpang saja. Namun sebelumnya kampung tengah harus diisi dulu dong... pada wisata ini makanan menu yang disajikan ala Buffee, kita bebas untuk mengambil makanan apa saja semuatnya perut deh... :)
dan menu Vietnam ini saya suka sekali, karena penuh dengan sayur sayuran hijau yang mengundang selera.... tanpa vetsin, tanpa garam... kalau kita mau asin tinggal tambah sendiri menurut selera... dan buah-buahannya pun uuuhh..... segar dan besar-besar.. pokoknya bikin kita mau lahap semuanya deh.... :) sehat bener makanan disana.

Hiii.. yang makan lupa sama sekeliling deh...
Setelah kampung tengah aman... perjalanan baru dilanjutkan dengan berperahu ria... untuk naik perahu ini harus membeli ticket terlebih dulu. Tapi kami sudah aman karena ditangani oleh tour kami... jadi tinggal naik deh. Hanya saja begitu selesai kembali ke pelabuhan, harus memberikan tips untuk pendayungnya seorang 1 USD. Ini kudu wajib hukumnya.....

Seorang Ibu mendayung dengan kakinya

Seorang Bapak mendayung dengan kakinya
Pemandangan bebatuan dan tebing sepanjang Ngo Dong River

Tidak heran wisata Hoa Lu - Tam Coc adalah halong bay in the land nya Vietnam. Karena informasinya bukit-bukti tinggi yang ditemui di Tam Coc ini mirip dengan bukit bukit tinggi dan besar di Halong Bay... ahhh makin penasaran seperti apa ya Halong Bay itu....

Setelah berkegiatan seru sepanjang sungai Ngo Dong, kita kembali ke pos untuk bersepeda. Namun dikarenakan saya sudah terlalu lelah dan rasanya tak sanggup lagi mengayuh sepeda, jadi saya putuskan untuk beristirahat di pondok makan... heeeeee...
Jadi yang bersepeda yang cowok-cowok aja termasuk keponakan saya yang sangat antusias.. Maklum.. anak muda tenaganya masih full teng.....
Selepas kembali dari bersepeda, ponakan saya bercerita asyik juga bersepeda, rute yang dijalani mirip dengan rute menyisiri sungai Ngo Dong, hanya saja ini dengan bersepeda.... mereka melewati pematang sawah kiri dan kanan, seru juga tapi sayang... tidak ada fotonya euy......

Kegiatan ini full day dari pagi hingga sore hari. Cukup melelahkan tapi puas... sisi lain dari negara Vietnam kita dapati. Tiba di Hotel sore sekitar pukul 6 kami mendapatkan Pizza dari Anna... lumayan untuk ganjal perut sebelum dinner haaaa....
Kami pun beristirahat sejenak mandi-mandi dan siap berkeliling sekitaran hotel untuk dinner sambil belanja blenji....... sampai tak terasa hari sudah pukul 10 malam, dan kita bersiap untuk istirahat karena esok hari jadwal yang ditunggu-tunggu yaitu ke Halong Bay... yiipppeeeyyyy......