Jumat, 31 Mei 2019

(lagi) travelling eropa: Perancis - Paris

Menara Eiffel - Paris

Akhirnya tiba juga di kota Paris pagi hari. Dan sudah ditunggu oleh Mbak Icha menjemput kami. Kami pun menuju caffe untuk ngopi-ngopi dan ngeteh sambil mengisi kampung tengah dulu sarapan... sambil juga beberes diri biar syantiq... :)

Untuk perjalanan kami di kota Paris ini tidak berlebihan karena hanya 1 hari saja kami di Paris. Jadi perjalanan kami sudah book ke Mbak Icha kami minta ke: Eiffel, Louvre, Arc de Triomphe, Nortre Dome, Starbucks, Hard Rock, Boat cruise @montmarte. Dan tidak ketinggalan boutique tas Langchamp, sst... banyak titipan euy... hehehe....

Louvre Piramid - Paris

Perjalanan kami lanjutkan setelah selesai ngopi dan ngeteh... pertama yang kami kunjungi adalah Louvre Piramid, menurut mbah googling yang saya baca Louvre PIramid ini selesai dibangun th 1989 sebagai pintu gerbang masuk ke Museum, keseluruhannya yang terbuat dari kaca dan besi besar. Piramid dan loby bawah yang dibangun karena berbagai masalah dengan pintu masuk utama Louvre yang asli, yang tak dapat menangani jumlah pengunjung yang banyak setiap hari. Pengunjung yang masuk melalui piramida turun ke lobi luas dan naik ke bangunan utama Louvre, demikian kata wikipedia. Wah jadi mengerti deh... kami tidak masuk, cukup diluaran saja bereksis ria, berhubung waktu yang tidak cukup....

Area halaman museum di Louvre
Udara yang cerah tetap membuat badan kedinginan pasalnya suhunya cukup dingin disekitaran 16 derajat. Area halaman museum Louvre ini besar dengan berada diantara bangunan-bangunan etnic eropa ini membuat asyik saja untuk berjemur sekalian bernarsis ria... hahahaaaa.

Icha tenyata juga senang dengan soal bidik membidik alias per cameraan... hahaaa jadi dia tau spot-spot mana yang bagus untuk dibidik.
Ada 1 piramid yang paling besar, sedangkan 2 diantara ada yang lebih kecil ukuran piramidnya. Melihat orang sampai naik-naik dengan gaya mereka masing-masing jadi membuat latah kita dibuakan.. jadi ikutan deh naik-naik batu tinggi dan berfoto dengan gaya ala-ala sentuh piramidnya... seru dan lucu, tapi asyik banget....

Padahal tinggi juga itu injakan kaki, mesti dibantu untuk bisa naik diatas... malahan untuk turun juga serem euy karena cukup tinggi juga... Tidak ketinggalan kawan lainnya ikutan kecuali Oma yang sudah manula, tidak bisa lah diangkat hanya untuk naik dan narsis... jadi mau gak mau cukup melihat kegilaan kami saja... hahhahaaa... Kami sangat menikmati diarea ini, tempat pertama yang kami kunjungi... banyak turis yang juga mengambil moment di area museum Louvre ini. Rugi atuh udah jauh-jauh kalau tidak menikmatinya... Namun satu kali nanti andai bisa berkesempatan berkunjung lagi ke kota ini, saya ingin masuk ke dalam museum. Mau tau ada apa dan seperti apa didalam museum tersebut. Selain untuk menambah pengetahaun saya, ya minimal saya tidak penasaran lagi tentunya.

Andai saja kota-kota di negara kita ini juga bisa seperti di eropa ini, wahhh pasti lebih cakep lagi ya.. hehhee.. ya namanya juga beda cuaca juga ya.. kalau di negera eropa ini 4 musim, kita cuma 2 musim saja, jadi kalau tidak hujan ya panas.. kalau mereka.. sepanas-panasnya tetap saja dingin.. hiiiii ya tiap negara berbeda tentunya, semua sudah diatur sama yang Maha Khalik untuk musim. Manalah bisa kita atur negri kita menjadi 4 atau 5 musim hahhaaaa... tapi memang sejujurnya juga, saya kalau disuruh memilih mau lautan atau pegunungan ? saya memilih pegunungan. Karena selain dingin... senang saja dengan pepohonan tumbuhan yang ada di suhu dingin, segar-segar keliatannya dan rasa untuk terjun bercocok tanam aja malah jadi kepingin. Coba kalau di tempat panas ditepi lautan? aduhh untuk berjalan saja harus menutup kepala dengan tangan, belum
jika berkeringat.. fuihhh.. itu lah kenapa saya lebih senang ke area pegunungan... jadi cucok ya kalau hoby nya ke eropa haha...

Tidak jauh dari lokasi area halaman Louvre ada sebuah semacam pintu gerbang gitu deh... hanya bentuknya dan tingginya tidak sebesar yang terkenal Arc de Triomphe, tapi mirip-mirip deh.. lumayan jepret sebentar deh.. lihat langit birunya ampunnnnnn cuamiknyaaaa

Sambil kami berjalan lanjut menuju lipiran Nortre Dome yang terkenal warisan kekayaan Paris yang terbakar baru-baru ini... kami ketemu Starbucks jadi mampir untuk membeli tumbler menambah koleksian kami dan untuk buah tangan dan sambil berjalan lagi melihat keindahan kota sepanjang jalan ketemu pernak pernik souvenir... ya dibeli lah kalo ketemu... hahaha... sambil menyusuri ke Hard Rock untuk memburu kaos koleksian juga...

kami menaiki bus yang tidak lama kemudian berhenti di salah satu halte. Kami berjalan sedikit menyusuri jalan dan menemukan sebuah sungai yang cukup lebar, dan tiba lah kami dilokasi Nortre Dome yang terdekatnya (padahal masih cukup jauh, tidak bisa dikunjungi karena masih dalam perbaikan). Sedih juga melihatnya...

Melihat Nortre Dome dari kejauhan
Gereja katedral yang penuh sejarah, membayangkan puluhan tahun untuk merenovasinya, demikian penjelasan Icha. Untuk masih untung ya... untuk benda-benda bersejarahnya sempat diselamatkan... tinggal sekarang membangung kembali seperti ke bentuk semula tidak lah pekerjaan yang mudah, karena bangunan ini sudah entah berapa ratus tahun yang lalu.....
Kami pun terus berjalan mengikuti arah perjalanan, sambil menikmati keindahan kota Paris.

Perjalanan selanjutnya menuju Boat cruise @montmarte, lumayan dapat tiket murah dari mbak icha. Perjalanan bisa sekitar 1,5 jam dengan kapal menyusuri sungai untuk melihat sisi yang berbeda waktu berjalan namun berhubung kampung tengah sudah mulai bernyanyi alias memang sudah menunjukan pukul sekitar 1 siang, jadi waktunya untuk makan.

Saya sudah request mbak icha untuk resto yang all you can eat.. biar bisa makannya sepuas dan sesukanya tapi bayarnya tetap hahaha..... dan Mbak Icha membawa kami ke tempat resto semacam sushi tapi banyak variant lainnya. Dan peraturannya makanan yang sebelumnya harus habis kalau mau minta makanan selanjutnya, meski di data dulu mau makan apa aja, beda dengan di Jakarta ya... kalau sudah all you can eat ya udah gak usah pake pesan lagi... biasanya langsung dihantam saja... tapi beda di Paris ini. Ada benernya juga sih kalau tujuannya hanya agar tidak ada makanan yang terbuang, jadi gak boleh minta kalau dimeja masih ada makanan yang telah dipesan sebelumnya... Cukup terjangkau dan cenderung murah lah 12.5 euro makan sepuas dan sekenyangnya....

All you can eat ini sudah termasuk minum juga loh, meski sebatas air putih saja, tapi udah enak.. kalau biasanya kan justru mahal di minumannya deh... hheeee... dan menunya macam-macam dari dimsum, kacang edamame, sushi-sushi an, tidak ketinggalan cumi goreng tepung, sayuran, sate jamur juga ada loh gak mau kalau mereka dengan Jejamuran yang ada di kita yaaa.. hahahaha.... lumayan juga rasa sate jamurnya... saya kebetulan pecinta sayuran dan ikan ketimbang daging an..

Rasanya seperti daging kalau jamur disate nie... kenyal-kenyal dengan rasa bumbu yang pas.. membuat lidah bergoyang ketika menyantapnya.. hahahaha.....

Bakso dan daging juga ada.. disajikan seperti sate, ditusuk-tusuk pada lidi. Tinggal disantap deh setelah dibakar oleh pelayannya... Enak lah pokoknya.. sulita menyampaikan dengan kata-kata nie.. harus didatangi merasakan kenikmatannya... Kami puas makan disini, karena gak pake mikir untuk bayarnya nanti, harga sudah fixed dong... :)

Kata pelayan restonya, makanan tidak boleh besisa, jika bersisa dikenakan denda, alhasil kami harus bertanggu jawab untuk menghabisakan setiap menu pesanan yang sudah kami pesan.

Dan sesuai dengan kapasitas perut kita masing-masing maka semua makanan yang sudah kita pesan habis ludes tidak bersisa, wahhh pasti pelayannya senang.. kami masuk langsung ber 6 orang, kan berasa ya langsung tekor restonya, apalagi kalau yang masuk orang yang pemakan porsi jumbo wkwkwkwk.... berhubung juga perjalanan masih panjang jadi kami pastikan makan cukup sampai nanti sore di Menara Eiffel... hahahaha gak lucu dong lagi asik nanti di Eiffel ehhh ada yang kelaparan.. bisa berabe deh urusannya... hahahahaa.

Setelah selesai makan, kami melanjutkan perjalanan menuju boat, tidak sabaran juga deh... dan tibalah kami di pelabuhannya, tidak lama menunggu paling sekitara 5 menitan lah, kami dipersilakan masuk ke dalam kapal. Mbak Icha menunggu di tempat, udah bosen pasti mbak Icha yaaaa....

Selama menyusuri sungai ini.. banyak pemandangan gedung-gedung indah.. bahkan Notre Dome dilewati nya... Dan inilah sekilas hasil jepretan dalam perjalanan mengikuti perjalnaan boat cruise @montmarte

Menyisiri Nortre Dome dari sisi yang berbeda

Setelah sekitar 1.5 jam kami menyisiri sungai dengan menggunakan kapal, melihat sisi lain dari setiap gedung yang kami lewati, akhirnya selesai sudah kami menaiki boat. Kembali ke posisi dermaga dan melanjutkan kembali perjalanan menuju salah satu tempat dimana untuk memenuhi titipan teman yaitu membeli tas Longchamp.
Areanya tidak jauh dari lokasi terkahir kami yaitu menara Eiffel.. alhasil saya membeli beberapa tas Longchamp dan lumayan besar juga kantongannya yang harus saya tenteng-tenteng bo... hahaha...

Kami langsung melanjutkan ke
Arc de Triomphe tempat yang menjadi icon kota Paris juga.

Sambil bergaya dong dengan tentengan Longchamp nya hahaha... kami menunggu bus sebentar dan menaikinya sekitar cuma 2 menit saja dan tiba di Arc de Triomphe, warisan peninggalan Napoleon dibuat untuk menghormati jasa tentara keberannya.

Arc de Triomphe adalah monumen yang didirikan bangun di persimpangan jalan raya berbentuk bintang lima.

Dan arti Arc de Triomphe menurut wikipedia adalah : gapura kemenangan.

Seperti apa kenarsisan saya di depan Arc de Triomphe ini? ini dia.....

Wahh seru juga loh.. karena posisi yang tepat ditengah ini adalah ya ditengah jalan... jadi berfoto diantara seliweran mobil yang lalu lalang... pintar juga euy diberi tanda tengah sehingga para turis bisa mengambil posisi tepat di tengah dan setiap mobil yang lalu lalang pun tidak akan terganggung, mereka berjalan sesuai dengan jalur kendaraan... wahh lucu antri ya untuk fotonya... hahahaaa.... pas dapat giliran dipake dengan berbagai gaya narsisnya wkkwkwkk karena kalau tidak bisa antri lagi dibelakang.... hihihihi....

Puas disini mengambil moment-moment yang yahud, kami melanjutkan ke perjalanan terkahir yaitu Menara Eiffel.. dan kita akan sepuasnya disitu karena perhentian terakhir dan siap untuk menikmati keindahan Eiffel...

Dannn akhirnya tidak terasa kami menikmati waktu di Eiffel ini sepuasnya hingga matahari menjelang redup ke peraduan... berarti sudah menjelang pukul 8 malam... dan behubunga kami harus segera kembali ke Amsterdam, jadi kami segera menyudahi di Eiffel ini dan langsung menuju lokasi mobil kami yang menunggu.

Dan tiba diarea mobil, ada resto yang ingin segera kami masuki karena udara yang cukup dingin diluar ini. Kami pun masuk dan memesan minuman panas sambil menyelesaikan kewajiban kami kepada Mbak Icha... dan sebelum berpisah kita foto dulu ya Mbak...

Akhirnya perjalanan di Paris ini kami selesaikan dengan teh panas yang menghangatkan sebelum mobil membawa kami kembali ke Amsterdam.

Bye... bye Paris.. see you again next trip..  miss you.. always !! Mobil membawa kami meninggalkan kota Paris yang tidak terlupakan meski hanya 1 hari saja disini.