Kamis, 13 September 2018

Trip full day @Hainan: Old Town, pabrik kue, Yalong Bay Beach

Yalong Bay Beach
Pagi hari sekitar pukul 7 waktu setempat, saya dengan Mbak Wantini sudah ready dibawah tempat sarapan di lantai 2 siap menyantap semua menu yang tersedia hahaha.... makanannya asyik... dari ayam, dimsum, nasi goreng, aneka bubur, aneka kue dan roti, minuman panas dan dingin, salad, buah segar, telur rebus, telur goreng, aneka soup, prasmanan aneka menu wahhh pokoke mau apa silakan diambil saja... puas deh...

Selesai sarapan, sambil menunggu yang lain kita gunakan kesempatan untuk narsis dulu:

Kemudian langsung cus ke mobil bus pariwisata yang sangat nyaman, kapasitas untuk 40 orang tapi diisi untuk 30 orang, jadi masih banyak space yang kosong, alhasil yang muda-muda siap deh dengan kursi seorang satu... hahahaha.....
Tempat yang pertama kami kunjungi adalah Old Town, yaitu kota tua dimana bangunannya adalah masih asli bangunan yang sudah ratusan tahun. Bangunan ini tetap di jaga oleh pemerintah cina untuk tidak di bongkar, sementara peraturan di China, kalau bangunan sudah tua harus dihancurkan dibuat bangunan baru kembali. Tapi untuk di lokasi ini, semua bangunan ini tetap di jaga sebagai sejarah. Bangunan ini digunakan untuk pertokoan, jadi sepanjang bangunan ini toko-toko menjual macam-macam, tapi lebih banyak ke penjualan makan.

Suasana pagi sangat bagus untuk berfoto, jadi kami menggunakan momentum ini, mirip-mirip kota tua nya Jakarta lah....

Aduhhh... loncatnya tinggi betul

Kumpul-kumpul yuks... kita foto bareng group 12....

Foto bareng Oma...
Lokasi Old Town ini bersih... kelihatan dirawat supaya betul-betul bentuk aslinya ada untuk sejarah diceritakan kepada anak cucu.

Dan sepanjang jalan pendek ini, dilengkapi juga dengan ornamen patung yang bagus-bagus untuk berfoto ria. Dan disela-sela itu ada yang asyik juga untuk belanja-belanja. Makanan ringan dan souvenir. Cuma untuk souvenirnya terbatas yang terbuat dari kerang-kerang laut, beberapa toko belum buka juga.

Saya mencari templean kulkas, gantungan kunci dan piringan kecil khas China ndak nemu euy....
Jadi belum kesampean untuk barang yang saya cari.

Puas menikmati kota tua ini, perjalanan pun dilanjutkan kembali ke lokasi lain yaitu tempat packingan kue semacam semprong. Yukss kita lihat kesana....

Narsis di mobil
Perjalanan menuju tempat packingan kue-kue ringan salah satu produk ternama di Hainan.

Ya.. kita borong deh beli oleh-oleh makanan disini. Dari jenis semprong, kacang, permen bahkan kopi. Dan sebagian besar semua bahan adalah dari kelapa, ya karena pulau Hainan ini yang berada disekitaran tapi laut, penghasil kelapa. Mencoba kelapanya juga yahud punya.. manissss banget. Harga per kelapa 10 yuan. Kelapanya kecil bulat tapi manisnya ampun ampun deh......

Ayo borong yang banyak ya....
Yuks minum air kelapanya....

Ayo bungkus.. bungkus beli yang banyak.. :)

Setelah dari tempat kemasan kue kue ini, perjalanan kemudian dilanjutkan ke Yalong Bay Beach. Namanya saja sudah beach, jadi areanya adalah tepi pantai. Yuks kita lihat seperti apa pantainya, karena infonya katanya Hawaii nya China nie..... Tapi kami lunch dulu dong... hehe karena tidak terasa waktu sudah menunjukan waktu pukul 12 siang.

Lunch yg pull deh + 2 botol beer + 1 botol sprite

Tiba di lokasi ini, entah kenapa.. mungkin karena sudah agak lelah karena semalam kurang tidur dan atau mungkin juga karena tidak ada persiapan apa-apa seperti baju dan sandal untuk berjalan-jalan di tepi pantai, jadi saya tidak turun sampai ke pantainya... saya hanya duduk di tempat nongkrongnya sambil melihat-lihat siapa tau ada souvenir yang bisa saya dapatkan. Lumayan disini saya menemukan tempelan kulkas untuk menambah koleksian.

Dekat pantai, ada satu bangunan, kami disuruh masuk ke dalam gedung tersebut. Disitu rupanya ada penjelasan seputar minyak ikan. Dengan segala kegunaannya, sekalian juga cek kesehatan. Lumayan juga yang tertarik sehingga produk tersebut bisa dibeli banyak orang.
Kalau saya, kebetulan gak banyak bawa uang juga jadi cukup melihat-lihat saja... hahahahaha....

Sambil mengikuti rute perjalanannya, saya menikmati lingkungan alam pantai sekitar.
Walau udara cukup lembab panas, jadi saya ikuti saja. Dan kebetulan juga tadi baru dari ruangan ber AC, jadi ya gitu lah... kadang panas lalu dingin, panas lagi dingin lagi.. hahahha...
Saat itu suhu yang saya lihat dari aplikasi melalui handphone, menunjukan sekitara 30 derajat. Oh ya... ketika saya di Hainan ini lumayan lah hari pertama bermalam di hotel Golden hujan mengguyur, jadi sewaktu pagi bangun lihat sekeliling jalan tergenang air dan udara cukup adem.

Dan sepanjang perjalanan yang cukup panjang, lumayan juga untuk dibawa tidur dimobil dengan cuaca yang cukup bersahabat ini.

Mini market depan pintu masuk Yalong Bay Beach

Latar belakang adalah penginapan

Ditempat ini sempat beristirahat sambil menunggu kawan-kawan yang lainnya, saya menikmati buah-buah segar nangka, mangga dan nanas dingin. Uhhh maknyus... agak-agak mendung mulai kelihatan, tapi tetap segar menikmati makanan buah dingin segar. Waktu bergulir terus hingga menjelang sore, oh ya... saat pagi jalan dari hotel, tour leader memberikan penawaran untuk menonton pertunjukan show yang seorang dikenakan 300 yuan. Kebetulan group kami tidak ada yang mau menontonnya. Sssttt... sempat mau "ngabur" ke starbucks disaat mereka menonton, karena sudah minta untuk bisa mampir ke starbucks tapi tidak bisa katanya.... ahh... padahal ini yang mau kita tuju juga secara kita pengen ngopi dan memburu barang koleksian.

Setelah kumpul lagi, kami lalu menuju bus untuk melanjutkan perjalanan. Kambali waktunya dinner... hahaha...

Depan restoran foto dulu ah

Toast dulu dengan beer sebelum makanan keluar

Ini dia sebagian makanannya.. uuhhh

Perjalanan selanjutnya adalah mengantar mereka yang mau menonton pertunjukan, sedangkan yang tidak nonton ke hotel untuk beristirahat. Lalu bus membawa kami ke hotel lain lagi di daerah Sanya. Tour leader yang bersama dengan kami di bus adalah P Ahwa, lalu saat perjalanan menuju hotel, kami mulai "merayu" Ahwa agar bisa bawa kami ke starbucks. Tapi apa dikata, tetap tidak bisa jawabannya.. uhh sedihnya. Tiba di satu jalan seperti jalan Thamrin - Sudirman dengan gedung tinggi-tinggi dan penerangan lampu yang gemerlap. Hmmm... sepertinya bau-bau starbucks ada disekitaran sini, lalu kami menanyakan Ahwa lagi (tidak mau menyerah ya) dan Ahwa berkata bahwa itu daerah "orang kaya".. hahahaha.. lucu juga Ahwa ini.
Ya sudahlah... sambil menikmati perjalanan yang agak tersendat macet perlahan, tiba-tiba ada 1 kawan berteriak: starbukcs... !!!!

Sontak kami menoleh ke arah dimana kawan menunjuk dengan berteriak : starbukcs..!!!
kami pun akhirnya berteriak: Ahwa... starbucks.. starbucks.. Ahwa... (sambil menunjuk lambang starbucks di sebuah gedung) apa daya, bus terus berjalan meninggalkan starbucks yang menjauh... kami tertawa di bus, tapi sedih juga hanya bisa melihat sambil berlalu. Memang sulit berhenti dimana?? bus besar kami tidak akan bisa sembarang untuk berhenti. Kami paham.....

Lalu bus terus melaju, tiba-tiba seorang kawan lagi berteriak sambil menoleh ke kanan: itu juga starbucks.. !!!!
Sontak kami berebut menoleh ke kanan melihat dan benar: starbucks.. Ahwa itu starbucks... starbucks...!!!! wkwkwkwkwkkk.....

Kami tertawa terpingkal-pingkal, karena tak bisa berbuat apa-apa, Ahwa juga cuma garuk-garuk kepala melihat tingkah kami. Aduhhh gemes bener rasanya kayak sedang menggapai sesuatu yang tak kesampaian tapi depan mata.... akhirnya kami berbisik-bisik: eh.. kita lihat dulu siapa tau hotelnya gak jauh dari sini, nanti kita jalan aja ini baru jam 9 malam, masih bisa kalau dekat.. atau naik taksi juga rame-rame...

Siasat siap dijalankan.. hahahaha... bus berlalu sedikit lalu ada perempatan, belok kiri dan gak jauh belok kanan ehhhh sampe deh hotel ke dua... tiba-tiba teriakan terdengar beramai-ramai: dekat... dekat.. !!! wkwkwkwkwkwk... kita jalan kaki aja ke starbukcs..

Aduhhh kami tertawa terpingkal-pingkal... lucu banget deh... Dan benar begitu kunci dibagikan, langsung kami cepat-cepat masukan koper kami, dan janjian lagi ketemu di loby untuk cusss menuju starbucks.
Ini dia pemburu starbucks semangat 45 pantang menyerah:

Jalan gak pake nengok... :)
Akhirnya tiba juga di tempat gerai starbucks.. hahaha.. kok kayak menemukan permata yang hilang ya? tumbler Sanya akhirnya saya dapatkan.. wow.. senang betul... karena pergi beramai-ramai dan yang mau juga banyak, jadi cukup satu ya... karena tidak tersedia banyak euy....

Tumbler Starbucks City Series: Sanya & China
Akhir dari perjuangan untuk mendapatkan tumbler lucu juga, memang kalau ikut tour agak susah ya.. saya memahaminya karena mungkin untuk menjaga keamanan kami, jadi tidak sembarang untuk diikuti setiap kemauan pesertanya.
Harus mengikuti itenenary yang sudah dibuat oleh tour. Untuk perjalanan memang saya baru kali ini ikut tour, selama ini saya jalan sendiri dan puas bisa maksimal untuk explore kota yang dituju.

Minuman panas juga saya beli dengan menggunakan tumbler ini, uhhh senangnya ketemu kopi. Sudah puas... kami pun melanjutkan perjalanan yang ternyata lokasi ini lumayan asyik, seperti mall sedanglah.. dibawah ada mini market, di samping kiri-kanan ada miniso dan lain-lain. Akhirnya kami jadi belanja macam-macam yang teryata harganya jauh lebih murah dari tempat yang kami kunjungi, memang pasti nya begitu, karena yang kami kunjungi adalah tempat wisata, sedangkan mall ini yaa tempat pertokoan umum jadi lumayan aja harganya murah sedikit.
Setelah asyik belanja, tak sadar kok jadi banyak belanjaannya, dan berat pula.. oh my God.. sambil bercanda: ada ojek gak ya...

Haahahah... kalau di Jakarta udah mentok dengan belanjaan tinggal nge-grab atau ng-ojek. Tapi ini beda bung... tidak ada gojek.. ya sudahlah kami jalan perlan-pelan untuk kembali ke hotel sambil melihat kegiatan orang-orang yang belajar nge-dance dan olah raga serta narsis dikit-dikit deh....

Senangnya dapat perburuan

Supaya gak capek bawa barang bawaan, narsis dulu ya

Berfoto depan gerai Starbucks

Penuh ya belanjaannya....

Padatnya jalan di malam hari kota Sanya

Asyik jalan sambil berfoto, tau-tau sudah dekat hotel dan kami pun sampai di hotel dengan hati senang... hahahaha... dengan hati puas, saya segera mandi dan siap untuk selimutan dengan guling... uhhhhh bobo syantik dulu ah....