Minggu, 24 September 2023

Jakarta - Ho Chi Minh

Perjalanan menuju Seoul, dimula dengan penerbangan Jakarta ke Ho Chi Minh, kami menggunakan maskapai Vietnam Airlines, perjalanan dimulai siang hari yang membuat kami menuju bandara menjadi lebih relaks. Berhubung kita belum check in sendiri dan bawaan koper juga cukup lumayan ditambah lagi perkiraan antri di imigrasi, maka kami memutuskan tiba di bandara 4 jam sebelum keberangkatan yang mulai terbangjam 13.30 WIB.
So.. saya jalan dari rumah pk. 8.30 WIB dengan jalan santai tapi ok. Hari Minggu, jalanan juga tidak padat, tiba di bandara sekitaran 45 menit perjalanan 9.15 WIB, saya pergi dengan 1 kawan Yohana. Karena rumah kami cukup berdekatan jadi sambil lewat, saya jemput K Yo dan langsung cus menuju bandara. Tiba di bandara, langsung ketemu juga sama 1 kawan lagi Lina + rombongan.. hehe... dia diantar oleh suami tercintanya dan 3 orang anaknya... lalu tidak lama kami juga bertemu 1 kawan lagi Mbak Wantini yang diantar oleh anak dan menantunya... wahhh enak yaaa rame deh.... sambil menunggu sambil berbincang-bincang... 1 kawan lagi muncul K Sri.. akhirnya lengkap lah sudah kami ber lima dan tepat pukul 11 siang counter check in dibuka.. karena kami sudah siapkan koper diantrian depan, maka kami dapat duluan check in.

Siap menjelajah Seoul

Lumayan juga.. jadi tidak dagdigdug kalau dapat antrian panjang belakang. Selesai check in.. kami melanjutkan menuju gate masuk penerbangan internasional. Sebelum masuk jepret dulu ahhh didepan gate keberangkatan internasional.. bye bye sama yang antar... hahahaha

Masuk ke dalam.. aman terkendali semua dari chcek imigrasi dan lain-lainnya.. hingga menuju ruang boarding.. wahh lumayan jauh dapat gate boardingnya, alhasil kita naik kendaraan yang antar kita deh...

Lumayan juga untuk content hahahaha.... sangat membantu dengan adanya kendaraan internal seperti itu, apalagi untuk mereka yang lansia, jadi tidak tergopoh-gopoh... Tiba di gate yang dituju, kami santai duduk menunggu waktu untuk boarding dan take off, sambil menunggu waktu tiba, kami bercengkrama ketawa ketiwi sambil sesekali cemal cemil sncak dan ngopi2 cantik. Pesawat kami jadwal terbang di pukul 14.45 wib dan tiba saatnya untuk terbang ke Ho Chi Minh

dan dijadwalkan tiba di Ho Chi Minth pukul 21.00 waktu setempat, lalu dilanjut kembali terbang menuju Seoul disekitar pukul 12 dini hari waktu setempat, tiba di Seoul sekitar pukul 6.20 pagi waktu setempat. Ada sekitar 3 sd 4 jam transit di Ho Chi Minth kira-kira seperti apa bandaranya dan apa kegitan kita saat transit? yuks kita lanjutkan...
Masih semangat....... !!!! so pasti bloger... perjalanan ditempuh sekitar 6 jam an dijadwalkan akan tiba di Ho Chi Minh pukul 9 malam.
Tempat duduk kami berderet dan karena ganjil ada 1 orang laki-laki duduk disebelah Mbak Wan, ngobrol-ngobrol selama perjalanan ternyata orang tersebut sama tujuannya, mau ke Korea Selatan juga tapi beda kota yang dituju. Dia salah satu pekerja Indonesia yang kerjanya di kapal. Dia rombongan dengan sekelompok orang sekitar 8 orang... lumayan bisa ngobrol tukar pikiran dengan warga sebangsa dan setanah air yang mendulang rejeki ke negri lain, semoga sukses dan balik ke Indonesia bawa cuan yang banyak yaaa... :)

Aktifitas lain di dalam pesawat seperti biasa, paling dengan music, lihat layar, tidur bangun tidur bangun lagi.. menikmati makan. Kita review dulu yuks makanan yang disajikan oleh maskapai ini. Minuman ditawarkan macam-macam dari minuman dingin, kopi, teh dan white wine - red wine, ini yang saya tunggu. Saya pilih red wine.. seteguk diminum wahhh.. hangat badan dan enak untuk dibawa tidur... sebelumnya dikasih handuk kecil untuk lap-lap dan bersih-bersih tangan.. Tiba saat makanan datang... ada roti, ada nasi dengan pilihan ayam atau ikannya ditambah sayuran dan buah serta puding.

Untuk pertama kalinya saya menggunakan maskapai ini. Baca literatur googling, maskapai ini termasuk yang memiliki reputasi baik, dengan fasilitas, keramahan serta badan pesawatnya yang baik juga. Saat perjalanan pun tidak kami rasakan sesuatu yang aneh-aneh... perjalanan sedikit saja agak goyang, biasalah namanya jalan di udara, kena terpaan angin.. selama perjalanan cuaca cukup bersahabat.

Kebetulan semalam saya tidak bisa tidur, terjaga terus padahal jadwal keberangkatan sore.. entah kenapa kok tidak bisa tidur.. jadi selama perjalanan Jakarta menuju Ho Chi Minh ini lumayan tidur bangun tidur bangun hahaha.....

Setelah sekian lama perjalanan akhirnya tiba juga di Ho Chi Minh.. kesibukan penerbangan cukup ramai, pesawat-pesawatnya silih berganti terbang dan mendarat... bandaranya cukup lumayan besar juga...

Terlihat kegiatan penerbangan domestiknya..
Kami tidak keluar dari bandara, hanya pindah gate saja dari kedatangan menuju keberangkatan yang ada di lantai atas. Sepanjang menyisir menuju gate yang akan kami tuju, sambil melihat-lihat souvenir yang dijual dan juga sncak, kopi dan teh serta pernak pernik yang dijual... bagus-bagus.. rasanya pengen borong semua hahaha........

Gate ditempat kami masih kosong, hanya kami ber 5 saja yang duduk disitu, kembali sambli mencharge HP dan ngobrol-ngobrol lagi menunggu jadwal keberangaktan menuju Seoul.

Menjelang pukul 8 malam kami makan malam bersama disalah satu restoran yang ada di dalam bandara tersebut. Kami pilih yang segar-segar berkuah pho vietnam yang isinya mie, sayuran, kemangi dan daging ayam disruput panas-panas ditemani nasi wahhhh membuat segar dan menambah energy. Ditemani minuman dingin coca cola.. walahhh semakin maknyus rasanya.... Waktu terus berlalu hingga akhirnya waktu keberangaktan kami pun tiba, kami siap masuk  ke dalam pesawat dan siap untuk diterbangkan menuju Seoul.

Wajah-wajah mulai sembab hahaha karena perjalanan dini hari sampai pagi hari nya di Seoul.... tetap semangat dan eksis dong.. jadi foto ah disela-sela  perjalanan... semakin lama perjalanan berarti semakin dekat kami sampai di Seoul.. haha seperti apa ya kotanya Seoul ini nanti... untuk itu mari jo ikuti terus perjalanan cerita travelling di blog ini.. jangan kemana-mana ya..... to be continued